Dinas Koperasi & UKM Pelatihan UMKM Naik Kelas Melalui Desain Kemasan

Dinas Koperasi & UKM Gelar Pelatihan UMKM Naik Kelas

topmetro.news Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Pemkab Madina) melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Madina menggelar pelatihan UMKM naik kelas melalui pelatihan desain kemasan (packing produk) kepada 40 peserta guna meningkatkan perekonomian masyarakat, Selasa (13/12/2022) kemaren.

Turut hadir Asisten II Setdakab Madina dr. Syarifuddin Nasution, Ketua Dekranasda Madina Eli Mahrani Jafar Sukhairi Nasution, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Muktar Afandi, Kepala Dinas Perizinan Faisal, dan Kepala Dinas Pariwisata M Yasir.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Madina Muktar Afandi pada sela-sela acara dalam pidatonya menyampaikan bahwa pelatihan ini akan berlangsung dari 13-15 Desember 2022. Beliau juga mengatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemasan UMKM di Kabupaten Madina.

Mantan Kabag Humasy Pemkab Madina itu juga menjelaskan bahwa sebagian besar dari pelaku usaha tidak memperhatikan kemasan produknya. Di mana hal itu membuat nilai jual tidak menarik di mata customer.

Kemasan yang Menarik

“Pelaku UMKM bingung bagaimana membuat kemasan lebih menarik. Maka dari itu Dinas Koperasi dan UKM Madina melaksanakan kegiatan pelatihan khususnya industri rumahan yang membahas kemasan,” sebutnya

Ketua Dekranasda Eli Mahrani Jafar Sukhairi Nasution menyampaikan, pelatihan kali ini fokus pada pemberian materi tentang desain kemasan dan pelabelan produk yang diberikan.

“Jika mau bersaing di marketplace selain kualitas, produk kemasan juga harus mendukung. Dan harapannya agar pelaku usaha dapat memanfaatkan kemajuan teknologi digital,” tuturnya di hadapan para peserta.

Lebih lanjut Ia meminta kepada peserta agar mengikuti agenda hingga dapat menjadi manfaat dan membawa produk-produk asal Bumi Gordang Sambilan mencapai pasar Nasional hingga Internasional.

“Kualitas produk UMKM Madina, sudah tidak diragukan lagi, tinggal membuat kemasan lebih baik. Sehingga lebih menarik hati pembeli,” tambahnya

Sementara itu Asisten II Setdakab Madina dr. Syarifuddin Nasution mengatakan Pemkab Madina terus berupaya membawa UMKM Madina memperluas pasar dengan kemasan yang menarik.

“Saya tekankan harus bisa beradaptasi dengan perkembangan pengetahuan dan ilmu digital yang dapat meningkatkan skil. Serta fapat bersaing di tengah pasar,” pintanya

Maka dari itu imbuhnya, pelaku usaha perlu melihat apakah potensi produk sudah cukup baik. Apa perubahan yang harus diperbaharui dan apa yang harus dimanfaatkan. Dengan tujuan agar orang mau dan tertarik membeli dengan nilai yang wajar.

Amatan media, pada pelatihan ini tampak Dinas Koperasi dan UKM menggandeng Dinas Perizinan Madina. Hal itu guna menyampaikan tentang pentingnya izin bagi para pelaku Usaha.

Reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment